Monday 11 June 2012

Sangiran| Situs Arkeologi Indonesia

Mungkin kalian belum pernah dengar "Sangiran" kan?? Tapi kalo orang Solo/Surakarta pasti tau donkk??
Sangiran ini merupakan warisan dunia yang ada di Indonesia. Sangiran adalah situs arkeologi. Menurut website sangiran itu sendiri, Sangiran terletak dikaki Gunung Lawu, yaitu disebelah utara dari kota solo dengan jarak 17km. Kalo secara Astronomi Sangiran terletak pada 7o 25' - 7o 30' LS dan pada 4o - 7o 05' BT. Luas wilayahnya kurang lebih 56km yang mencakup tiga kecamatan di Kabupaten Sragen yaitu Kec. Kalijambe, Kec. Gemolong dan Kec. Plupuh serta Kec. Gondangrejo di Kabupaten Karanganyar.

Data-data berikut saya sampaikan untuk dapat membantu anda ke Lokasi, agar kalian juga bisa belajar tentang sejarah manusia.  Wilayah itu sebelumnya adalah tempat ditemukannya tulang-tulang atau fosil-fosil dimasa lampau. Misalnya seperti gambar dibawah ini:

Fosil Kepala Banteng dengan Tanduk Panjang
Fosil Gajah dengan Gading Besar
Fosil Tengkorak Manusia Homo Erectus

Fosil Tengkorak Manusia tanpa rahang bawah


Dan tentunya anda bisa melihat lebih banyak lagi jika anda mengunjunginya.

Situs Sangiran ini dianggap penting karena tempat ini mengalami hunian oleh manusia purba yang paling lama dibandingkan situs-situs lain didunia, yaitu dihuni oleh manusia purba selama lebih dari 1juta tahun. Dengan jumlah temuan fosil yang cukup melimpah, yaitu mencapai 50% populasi homo erectus didunia. Karena potensi tersebut maka situs sangiran, sampai sekarang selalu menjadi ajang penelitian dan studi evolusi manusia purba oleh para ahli dari berbagai penjuru dunia.

Tidak cuma itu, kalian juga bisa liat pemandangan alam yang bagus disini...

Pemandangan

Pemandangan

Pemandangan

Saya cuman bisa berharap sekolah-sekolah yang ada kota-kota khususnya Jakarta, bisa melakukan study tour kesini. Terima Kasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner