Friday 22 June 2012

Ciri Khas Jakarta yang Hampir Pudar

HUT JAKARTA 485
Tau kagak kalo Jakarte kan lagi ULTAH, untuk ikut menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Jakarta. Saya akan share Ciri Khas Jakarta Yang Hampir Pudar....


 1. Ondel-Ondel
Ondel-Ondel ini adalah suatu boneka dengan tinggi 2,5 meter dan dengan garis tengah kurang lebih 80cm,  dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan begitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah ondel-ondel laki-laki biasanya dicat dengan warna merah, sedangkan yang perempuan warna putih Boneka ini dipertunjukan ketika ada suatu acara atau ada suatu pesta rakyat.

2. Tanjidor
Tanjidor adalah sebuah kesenian Betawi yang berbentuk orkes. Kesenian ini sudah dimulai sejak abad ke-19 atas rintisan Augustijn Michiels atau lebih dikenal dengan nama Mayor Jantje di daerah Citrap atau Citeureup. Alat-alat musik yang digunakan biasanya terdiri dari penggabungan alat-alat musik tiup, alat-alat musik gesek dan alat-alat musik perkusi.

3. Kerak telor
Kerak Telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

4. Lenong
Lenong adalah kesenian teater tradisional atau sandiwara rakyat Betawi yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Kesenian tradisional ini diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong. Lakon atau skenario lenong umumnya mengandung pesan moral, yaitu menolong yang lemah, membenci kerakusan dan perbuatan tercela.

Cukup segitu dulu yang bisa saya sampaikan. Oiya hampir lupa, Berhubung ane Orang Betawi yang lahir diJakarte dan dibesarkan diJakarte, ane mau ngucapin Selamat dulu:
Selamat Ultah Jakarta yang ke-485.
Ane Harap Jakarta Bakal jadi Kota yang Sukses, Tertib, Aman, dan Bersih. Jauh dari Banjir. Jauh dari Macet. Aminnn...
Sekian dan TerimaKasih
sumber: wikipedia

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner