Wednesday 28 March 2012

Eksplorasi Luar Angkasa| Eksplorasi Tata Surya

Kali ini saya akan mengajak anda menjelajah Luar Angkasa dan anda akan menemukan segudang Ilmu jika anda ikut menjelajah dengan kami.
 Sudah tak sabarkan??, Ayo Berangkat======>>
Sebelum kita melakukan Eksplorasi, sebaiknya kita persiapkan dulu.

1. Persiapan Eksplorasi

Astronot Haruslah Pintar dan Sehat
Menjelajah Luar Angkasa bukan lagi mimpi. lebih dari 400 orang dan tak terhitung makhluk hidup yang telah menjelajahinya. Menjadi Astronot tidak mudah. Selain harus memiliki fisik dan mental yang sehat, para calon Astronot juga harus memiliki pengetahuan dibidang Sains. Dari 20.000 calon Astronot Eropa yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan di Euro Space Center di Transmine, Belgia. Disanaa mereka melakukan pelatihan teori dan praktik. Mereka disiapkan untuk "hidup" diruang tanpa gravitasi, hampa udara dan semua kegiatan yang berkaitan dengan tugas mereka di angkasa.


Bagaimanakah Columbia DiLuncurkan???
Tepat pada pukul 07.00 pagi pada tanggal 12 April 1981, ketika mesin pesawat ulang alik Columbia mulai menyala. 3 detik kemudian 2 roket itu menyala dan menyemburkan lidah api berwarna kuning.
Columbia adalah pesawat ulang alik pertama. Saat itu membawa 2 Astronot Amerika Serikat, John Young dan Robert Crippen. Sebelum Columbia digunakan perjalanan ke angkasa luar sangatlah mahal. Apollo XVI saja sampai menghabiskan biaya 400 milliar dollar Amerika Serikat. Dengan pesawat ulang alik, biaya perjalanan menjadi jauh lebih murah. Pesawat ulang alik terdiri dari 3 bagian, pesawat pengorbit, tangki bahan bakar, dan roket pendorong. Selain tangki bahan bakar, bagian yang lain bisa digunakan kembali dalam penerbangan selanjutnya.

Columbia

Sperti inilah Video Peluncuran Pesawat ulang alik walaupun ini buka pesawat Columbia:



Apa Beda Astronot dan Kosmonot??
Keduannya sebenarnya memiliki arti yang sama yaitu orang yang pergi ke angkasa luar. Kosmonot adalah sebutan bagi Astronot asal Uni Sovyet/Rusia.

Ada Apa di Kennedy Space Center??
Ke mana para Astronot Amerika mempersiapkan diri ketika akan berangkat ke Angkasa Luar? Mereka selalu pergi ke Cape Canaveral, Florida, tepatnya ke Kennedy Space Center. Semua misi Angkasa Luar Amerika Serikat diberangkatkan dari tempat ini. Nama Kennedy Space Cebter diberikan untuk menghormati mantan Presiden Amerika, John F. Kennedy. Di Kennedy Space Center juga terdapat museum yang berisi seluruh replika Pesawat Angkasa Luar yang pernah diluncurkan. Selain itu di tempat ini juga dibangun  Space Mirror Memorial, monumen dari granit hitam raksasa yang bertuliskan nama seluruh Astronot yang gugur dalam sebuah ekspedisi Angkasa Luar.

Mau ke Angkasa, Kok Malah Berlatih di Air?
Untuk Membiasakan hidup di gravitasi rendah, para Astronot berlatih didalam air dengan pakaian Astronot lengkap. Di tangki air raksasa juga ada tiruan satelit raksasa sehingga mirip dengan keadaan Angkasa Luar sesungguhnya.

Kejadian Bersejarah
  • 1000 tahun yang lalu: Cina telah membuat roket yang menggunakan bubuk Mesiu
  • 3 November 1957: Uni Sovyet menumpangkan Laika, seekor anjing, di Sputnik2. Sayang, Makhluk hidup pertama yang dikirim ke angkasa ini tewas.
Sputnik2
Laika(Anjing di Sputnik2)
  • Tahun 1926: Robert Goddard melontarkan roket berbahan bakar cair pertama. Rokernya bisa melesatkan setinggi 12,5 meter.
  • 4 Oktober 1957: Uni Sovyet meluncurkan pesawat Luar Angkasa tak berawak Sputnik1 untuk mengelilingi Bumi sebagai satelit.

    Sputnik1
Benarkah Pesawat Ulang-Alik Kebal Peluru??
Angkasa Luar seperti jalan raya dengan lalu lintas yang sangat padat. Partiel berbagai ukuran bergerak ke segala arah dengan kecepatan yang berbeda-beda. Partikel-Partikel yang bergerak acak itu, terutamayang bergerak dalam kecepatan tinggi dapat menembus dinding pesawat . Tentu saja sangat berbahaya. Untuk mencegah hal itu, badan pesawat dibuat dari logam dengan ketebalan khusus. Untuk menguji kekuataan dan ketahannya, para ilmuwan menggunakan semacam senapan gas. Alat ini akan menembakan peluru dengan kecepatan tinggi hingga logam tak lagi dapat ditembus.

Paspor Astronot

Paspor Astronot
Seorang Astronot memiliki paspor(tanda pengenal) yang diperlukan saat mereka kembali ke Bumi mereka bisa jatuh di laut wilayah negara yang berbeda dengan saat berangkat. Paspor ini harus dilengkapi lisensi(pengesahan) dari Federasi Aeronatika Internasional

Astronot Gagal

Seharusnya nama John Bull tercatat sebagai salah satu Astronot yang mengikuti misi Apollo. Ia harus mengubur dalam-dalam  impiannya ke angkasa luar karena gagal dalam tes kesehatan selama pelatihan. Setiap Astronot yang akan berangkat ke angkasa luar harus mengikuti tes kesehatan ketat untuk memastikan kondisi kesehatan merekandi angkasa luar.


Pakaian Tahan Debu dan Radiasi
Para peneliti di laboratorium NASA telah menemukan bahan khusu untuk bahan pakaian angkasa luar. Selain kuat dari terpaan debu-debu angkasa, bahan juga tahan panas matahari dan radiasi angkasa. Bahan itu diuji dalam sebuah tabung, denga kondisi mirip angkasa luar.


Benarkah Ada Ayam yang Menetas di Luar Angkasa??
Pada tanggal 22 Maret 1990, seekor ayam menetas di stasiun luar angkasa MIR. Dengan inkubator (mesin penetas), kondisi ayam tak jauh beda dengan ayam yg menetas di Bumi.

Pakaian Astronot

  • Pakaian Dalam: pakaian dalam Astronot, sering disebut mantel snoopy. Memiliki  pipa berisi air untuk menyejukan pemakainya.
  • Pakaian Luar: di luar mantel snoopy, Astronot memakai 2 potong pakaian Luar Angkasa. Pakaian ini akan melindungi Astronot dari suhu ekstrim di Luar Angkasa saat mereka beraktivitas di luar pesawat.
  • Peralatan Pendukung Lain: terakhir, Astronot mengenakan perlengkapan pendukung berupa helm dan ransel. Dalam ransel terdapat pengatur suhu, baterai, dan persediaan oksigen. Selain membawa ransel, Astronot juga membawa jet dipunggung untuk terbang dan bergerak cepat.
2. Sejarah Ekplorasi

Mewujudkan Mimpi ke Angkasa Luar
Mimpi untuk menjelajah Angkasa sudah ada di benak manusia sejak lama. Daedalus, tokoh Mitologi Yunani, dikisahkan membuat sayap untuknya dan putranya Icarus.Sayang, upayanya berakhir tragis. Selanjutnya, rubuan tahun yang lalu, bangsa Cina telah membuat roket. Akhir abad 19, Jules Verne, pengarang Perancis membuat buku De la Terre a La Lune(Dari Bumi ke Bulan). Mimpi menjadi kenyataan pada tahun 1957 ketika Uni Sovyet berhasil meluncurkan satelit tak berawak Sputnik 1. Negara ini juga mengirimkan makhluk hidup pertama ke Luar Angkasa, yaitu seekor anjing bernama Laika. Sejak itu, menjelajah Luar Angkasa seakan menjadi lomba antara Uni Sovyet dengan Amerika Serikat. Tahun 1969 Astronot Amerika Serikat Neil Amstrong menjadi manusia pertama yang menginjak bulan.

Apollo11

Neil Amstrong


Daftar Pesawat yang Menjelajah Luar Angkasa Pertama
  • Sputnik1, satelit pertama yang diluncurkan Uni Soviet pada tahun 1957
  • Sputnik2, pesawat ini berhasil membawa seekor anjing bernama Laika ke Luar Angkasa. Laika adalah makhluk hidup pertam di Luar Angkasa.
  • Vostok1, dengan pesawat ini Yuri Gagarin berhasil menjasi manusia pertama yang pergi ke Luar Angkasa. Pesawat ini berangkat ke orbit.
  • Apollo11, impian pergi kebulan akhirnya terwujud ditahun 1969. Apollo11 berhasil mengatarkan Neil Amstrong dan Edwin Aldrin/Buzz Aldrin menginjakan kaki dibulan.
  • Columbia, adalah pesawat ulang alik. Berbeda dengan pesawat Luar Angkasa, pesawat ulang alik dapat digunakan berkali-kali. Columbia pertama diluncurkan pada tahun 1981.
Apa Arti Kata Astronot??
Astronot berasal dari bahasa latin astrum(bintang) dan nauta(pelaut). Kata ini berarti "orang yang terbang dengan ketinggian lebih dari 100km di atas permukaan bumi". Astronot yang berasal dari Rusia sering disebut Kosmonot. Kosmonot berasal dari kata kosmos(alam semesta) dan nauta. Sedangkan dari Prancis sering disebut Spationauts.

Siapa Orang Pertama di Luar Angkasa??
Namanya Yuri Gagarin, seorang Kosmonot Uni Sovyet. Ia terbang dengan pesawat Vostok1 pada tanggal 12 April 1961. Meskipun hanya 2jam berada di orbit, Gagarin sempat makan dan minum didalam pesawat. Keberhasilan ini membuat Gagarin dianggap sebagai pahlawan Uni Sovyet. Namanya diabadikan sebagai nama pusat pelatihan Kosmonot Uni Sovyet. Bahkan Kota Gzhatsk, kota asal Gagarin, diubah menjadi Kota Gagarin. Keberhasilan Gagarin diikuti Kosmonot Uni Sovyet lain, Alexei Leonov. Setelah berada di orbit dengan pesawat Voshkod2, Leonov berhasil berjalan di Luar Angkasa. Ia berada di luar Voskhod2 selama kurang lebih 10menit dan kembali kedalam dengan selamat.

Keajaiban Apollo13
Tak selamanya perjalanan ke Luar Angkasa berakhir bahagia. Apollo13 meledak setelah 2 hari diluncurkan. Beruntung 3 orang Astronotnya James Lowell, Fred Haisse, dan John Swigert berhasil lolos dan kembali dengan selamat ke Bumi.


Siapakah Wanita Pertam di Luar Angkasa??
Valentina Tereskhova adalah wanita pertama yang berada di Luar Angkasa. Kosmonot Uni Sovyet ini berada di Luar Angkasa selama 3 hari dengan pesawat Vostok 6 tahun 1963.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kerusakan di Luar Angkasa??
Saat satelit atau teropong Hubble rusak, para Astronot tidak membawanya kembali keBumi. Mereka memeperbaiki peralatan itu diangkasa luar. Bahkan ISS atau International Space Station( Stasiun Luar Angkasa) dibangun diangkasa luar. Dengan Peralatan yang hampir mirip dengan yang digunakan diBumi, para Astronot menyatukan bagian bagian ISS. Beberapa Astronot menggunakan MMU, semacam kursi yang dilengkapi jet. Kursi ini memungkinkan Astronot yang menggunakannya bergerak cepat ke segala arah.

Orang Orang yang Paling Dahulu Ke Luar Angkasa
  • 12 April 1961: Yuri Gagarin , menjadi manusi pertama yang menjelajah ke Luar Angkasa, dengan menumpang Vostok1.

Yuri Gagarin
Vostok 1
  • 5 Mei 1961: Alan Shephard menjadi Astronot Amerika Serikat pertam yang menjelajah Angkasa Luar. Ia naik pesawat Freedom 7.
Freedom7
     
    Alan Shepard
  • 16 Juni 1963: Valentina Tereshkova Kosmonot Uni Sovyet, menjadi perempuan pertama yang menjelajah Angkasa.
    Valentina Tereshkova

  • 18 Maret 1965: Alexei Leonov, Kosmono Uni Sovyet, menjadi manusia pertama yang melakukan spacewalk "melayang diangkasa". Dengan Voshkod2
Alexei Leonov
    Voshkod2
  • 20 Juli 1969 Neil Amstrong Astronot Amerika Serikat, menjadi manusi pertama yang menjejakan kaki dibulan diikuti oleh Buzz Aldrin.
3. Ekplorasi Tata Surya

Matahari dan 8 Pengembara
Matahari sebenarnya adalah sebuah Bintang, benda angkasa yang bercahaya, diTata Surya. Gaya Tarik(Gravitasi) Matahari membuat planet-planet mengelilingi matahari pada garis edar yang hampir berbentuk lingkaran elips. Ini disebut juga garis Orbit. Kedelapan Planet itu adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Planet yang berarti pengembara itu, berputar pada porosnya. Ini disebut Rotasi. Rotasi Planet pada umumnya hampir tegak, kecuali Planet Uranusyang berputar dengan poros menyamping.

Tata Surya Sangat Luas

Tata Surya itu Sangat Luas Jika kamu bisa terbang dengan sebuah pesawat angkasa luar , berangkat dari Matahari, maka Bumi bisa dicapai dalam waktu 18tahun. Selanjutnya, 66 tahun kemudian kamu baru sampai di Jupiter. Pluto baru bisa dicapai 700 tahun Kemudian.


Matahari, Sang Bintang


Matahari
Matahari adalah Bintang yaitu benda angkasa yang bercahaya. Sebagai Bintang, Matahari termasuk bintang berukuran sedang. Ketauhilah, Rata-rata bintang diluar Tata Surya, digalaksi lain, ukurannya 40 kali lipat Matahari, bahkan banyak yang jauh lebih besar.Cahaya Matahari membantu perkembangan tanaman di Bumi yang menyediakan makanan dan oksigen bagi kita. Matahari memberi kita hujan, angin dan udara hangat. Cahaya matahari berasal dari inti matahari. Setiap detik 4 juta ton hidrogen berubah menjadi helium dan energi. Persediaan hidrogen di matahari sangat mencukupi untuk membuat matahari masih akan terus bersinar sampai 5 milliar tahun lagi.


Planet Merkurius. Planet Panas Dingin


Merkurius
Merkurius adalah planet terdekat Matahari. Sisi menghadap Matahari sangat panas. Namun Merkurius tidak mempunyai selimut udara yang mampu menyimpan panas, sehingga sisi yang tidak menghadap Matahari menjadi sangat dingin. Jarak Merkurius dengan Matahari adalah 58jutakm, waktu orbit 88 hari Bumi. Merkurius tidak mempunyai bulan. Kecepatan planet ini mengitari Matahari membuat planet ini dinamakan Merkurius, Dewa Pembawa Pesan Yunani.


Venus, Cantik dan Cemerlang


Venus
Venus adalah nama Dewi Kecantikan Yunani. Planet Venus memang tampak paling cemerlang kalau dilihat dari Bumi. Venus juga sering disebut saudara kembar Bumi karena ukurannya yang hampir sama. Venus memiliki atmosfer yang memerangkap panas yang dikeluarkan Matahari, ini membuat Venus menjadi planet terpanas di tata surya. Atmosfer Venus beracun karena itu tak bisa didiami. Seperti Merkurius, Venus pun tak memiliki Bulan. Waktu orbit Venus adalah 224,7 hari Bumi. Jarak Venus dengan Matahari adalah 108jutakm.

Bumi, Planet Penuh Kehidupan

Bumi
Bumi adalah satu-satunya planet diTata Surya yang sejauh ini dikenal penuh dengan makhluk hidup. Bumi memiliki tiga bahan yang amat penting bagi kehidupan: oksigen, air, dan makanan. Bumi selalu memperbaharui  bahan yang penting ini. Awan membawa air kepada sebagaian besar Bumi. Tumbuhan dan binatang merupakan rantai makanan yang berkelanjutan. Udara dan samudra selalu bergerak, begitu pun muka Bumi selalu berubah. Pegunungan tinggi dibentuk dan hancur oleh desakan dari dalam perut Bumi. Bumi yang awalnya dibentuk dari awan gas dan debu sekitar 4,5 miliar tahun  yang lalu, kini telah menjadi tempat lahir jutaan aneka ragam kehidupan. Jarak Bumi dengan Matahari adalah 150jutakm, waktu orbit 365,2 hari Bumi.

Dewa Mars, Dewa Perang


Mars
Mars, dilihat dari Bumi memang berwarna merah, menurut orang dulu, sperti darah. Darah kerap disebut sebagai simbol peperangan. Karena itulah nama Dewa Perang Yunani, Mars, digunakan sebagai namanya. Bahkan kedua Dewa pendapingnya, Phobos dan Deimos pun digunakan sebagai nama kedua satelit Mars. Orang Romawi sangat menghormati sang Dewa Perang. Bulan Maret dalam penanggalan Masehi adalah Bulan yang dipersembahkan untuk Dewa Mars. Malah sempat dijadikan bulan pertama. Kuil penghormatan untuk Mars juga dibangun. Lalu salah satu bagian kota diRoma yang sangat terkenal adalah Campus Martius(Lapangan Mars). Mars juga merupakan dewa pelindung pertanian. Mars membutuhkan waktu orbit selama 687 hari Bumi. Jarak Mars dengan Matahari adalah 228 jutakm.

Jupiter, Planet Raksasa Bergaris

Jupiter
Besarnya 1.400 kali Bumi, namun planet terbesar diTata Surya ini tak mempunyai permukaan padat. Ini adalah planet gas. Nama Jupiter diambil dari nama Dewa Tertinggi Yunani yaitu Zeus yang oleh orang Romawi disebut Jupiter. Jupiter memiliki sekitar 39 bulan. Empat bulan terbesar bernama Ganymede, Callisti, Io, dan Europa. Waktu orbit Jupiter 11,9 tahun Bumi. Jarak Jupiter dengan Matahari adalah 788jutakm.

Saturnus, Indah Namun Lamban


Saturnus
Dari ke-8 planet Tata Surya, planet inilah yang tampak paling indah karena cincinnya. Saturnus memang, planet terbesar kedua setelah Jupiter, namun seperti Jupiter, Saturnus juga merupakan planet gas. Gerak orbit Saturnus sangat lamban seperti Orang Tua, sehingga ia diberi nama Ayah Dewa Jupiter, Saturnus. Planet ini mempunyai 18 bulan. Jarak Saturnus dengan Matahari adalah 1427jutakm waktu orbit 29,5 tahun Bumi.

Uranus Hampir Dinamai George


Uranus
Uranus ditemukan pada tahun 1781 oleh William Herschel secara kebetulan. Waku itu ia mengira Uranus adalah bintang. Ia segera menamakan planet yg baru itu dengan nama Raja Inggris ketika itu yaitu GeorgeIII. Sayang, usulannya tak mendapat sambutan khalayak.Waktu orbit Uranus 84 tahun Bumi. Jrak Uranus dengan Matahari adalah 3milliarkm.

Neptunus, Planet Dingin Paling Berangin


Neptunus
Ini juga planet gas yang sangat dingin yang ditutupi oleh awan tebal. Angin di Neptunus terkencang di Tata Surya, kecepatannya 1120km/jam. Neptunus diberi nama Dewa Laut Yunani,Neptunus, karena dugaan bahwa planet ini sebagaian terdiri dari cairan. Neptunus memiliki 8 bulan. Jarak Neptunus dengan Matahari adalah milliarkm dengan waktu orbit 164,8 tahun Bumi.

Pluto Sebesar Rusia

Pluto
Ini planet kerdil di Tata Surya. Begitu Kecilnya planet ini, sehingga kalau dibandingkan, ukuran permukaanya sama dengan luas wilayah Rusia. Karena jauhnya, planet kerdil ini diberi nama Dewa Kematian Yunani, Pluto. Dulu merupakan anggota planet di Tata Surya.


 4. Stasiun Luar Angkasa

Hidup di Luar Angkasa
Segala kegiataan yang biasa dilakukan diBumi harus tetap dilakukan oleh para Astronot ketika berada di Luar Angkasa. Selama pesawat Luar Angkasa berada diAngkasa Luar. Selama pesawat Luar Angkasa berada di Angkasa, mereka tetap harus makan, minum, bernafas, tidur, menjaga kebersihan dan kesehatan, serta tentu saja buang air. Semua perlengkapan untuk melakukan kegiataan sehari-hari manusia itu tentu sudah dipersiapkan. Para Astronot  harus terus menghisap oksigen segar dan menghembuskan karbon dioksida diruang yang terbatas untuk jangka waktu lama. Uap air yang berasal dari hembusan nafas Astronot langsung dikumpulkan untuk didaur ulang buat eksperimen dan minum. Udara lebih banyak dimanfaatkan ketimbang air untuk menyedot pembuangan kotoran manusia.

Apa Menu Hari Ini??

Apa Menu Hari Ini
Gravitasi rendah membuat segala sesuatu melayang, termasuk makanan di piring. Makanan harus diletakkan dipiring papan yang diikat di pakaian . Jangan coba meneguk langsung minuman digelas!. Minum harus menggunakan sedotan agar air tidak tumpah ke mana-mana. Menu makanan dipersiapkan jauh hari sebelum keberangkatan. Makanan adalah paket siap saji yang cukup dipanaskan atau ditambah air saat akan dimakan. Beberapa jenis makanan mirip seperti yang dijual di supermarket. Dalam beberapa kesempatan, para Astronot  juga menikmati makanan segar yang dibawa Astronot tamu dari Bumi yang berkunjung.

Toilet Khusus Gravitasi Rendah

Toilet Luar Angkasa
Bagaimana bentuk toilet Luar Angkasa??Toilet dirancang khusus untuk Luar Angkasa. Toilet ini memiliki dudukan yang membuat tubuh menempel saat Astronot buang air besar. Kotoran akan langsung disebot  oleh alat khusus di dalam toilet.

Bagaimana Astronot Tidur??
Dulu para Astronot tidak di kursi atau hammock yang digantung . Kini mereka mempunyai tempat yang lebih nyaman, sebuah sleeping bag yang ringan dan hangat. Sleeping bag atau kantung bagi ini didesain oleh Wubbo Ockels, seorang Astronot Belanda.

Tetap Mandi di Luar Angkasa
Kamar mandi pertama di Luar Angkasa terdapat di SkyLab, stasiun Luar Angkasa yang berada di orbit pada tahun 1973 sampai 1974. Didalam kantung air akan berhembus kuat dan membersihkan tubuh Astronot. Meskipun  tersedia, para Astronot jarang menggunakan kamar mandi ini.

Nada Nada Luar Angkasa
Memang membosankan jika tak ada masik yang menghibur. Jangan Khawatir, dengan Gitar khusus yang mudah disimpan, para Astronot tetap bisa bermain musik. Diruangan Khusus bermain Musik. Mereka juga akan mendapat kiriman lagu-lagu baru dari Bumi saat Astronot lain mengunjungi mereka.

Bekerja di Dalam Pesawat
Hari-hari Astronot dihabiskan dengan bekerja di dalam dan diluar pesawat. Didalam pesawat para Astronot bergantian mengawasi dan merawat kondisi pesawat. Mereka juga ber-eksperimen di laboratorium. Kadang Astronot tak hanya berkerja sebagai ilmuwan, tapi mereka juga jadi objek penelitian itu sendiri. Ia menggunakan tubuhnya sendiri  untuk melihat dampak Luar Angkasa pada manusia. Tak hanya dampak , pada manusia saja yang diteliti, tapi juga hewan ,dan tumbuhan. Penlitian itu sangat berguna bagi rencana hidup di Luar Angkasa di masa depan.

Wisatawan Luar Angkasa

Dennis Tito
Di bulan April 2001, Dennis Tito, milyuner dari Kalifornia mewujudkan impiannya ke Luar Angkasa selama 8 hari. Untuk mewujudkannya mimpinya ia harus membayar 14juta poundsterling atau kira-kira 196 milyar rupiah.

Benarkah Astronot Makan Es Krim??
Makan es krim di Luar Angkasa?? Slurpp...pasti lezat!! Itu dilakukan 2 Astronot Rusia dan Amerika saat bertemu di stasiun Luar Angkasa MIR. Tapi bukan Es Krim cone yang mereka makan, melainkan es krim lolypop.

Perjalanan Kita Telah selesai. Ayo..kita mendarat!!

Maaf jika ada kesalahan dan Terima Kasih..

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner